Berikut ini rekomendasi 12 Tools yang dapat digunakan untuk melakukan internet marketing pada tahun 2023. Anda dapat menggunakan semua atau beberapa saja sesuai dengan anggaran dan kebutuhan dalam menjalankan internet marketing. Nomor urut dalam artikel ini tidak mempengaruhi kelebihan masing-masing tools, hanya menunjukkan penomoran saja. 



Berikut ini rekomendasi 12 Tools untuk internet marketing di tahun 2023

 

1. Hootsuite

Merupakan adalah platform manajemen media sosial yang membantu Anda mengelola dan memantau aktivitas media sosial secara efisien. Layanan ini membantu perusahaan untuk menggunakan media sosial berupa situs yang dapat digunakan untuk meluncurkan kampanye pemasaran, mengidentifikasi dan menambah khalayak, dan menyampaikan pesan yang ditargetkan di beberapa saluran media. Beberapa aplikasi yang cukup populer di kalangan pengguna internet juga disertakan dalam HootSuite, di antaranya Instagram, MailChimp, Reddit, Storify, Tumblr, Vimeo dan YouTube

 

2. SEMrush 

Alat ini membantu Anda melakukan analisis SEO dan PPC, dan memberikan informasi tentang kompetitor Anda. SEMrush adalah alat pemasaran digital yang berguna untuk membantu perusahaan dan profesional pemasaran dalam mengelola dan memantau kampanye pemasaran Anda. Ini menyediakan fitur yang luas seperti analisis SEO, analisis iklan, analisis sosial media, analisis PPC, dan banyak lagi.Dengan SEMrush, pemasang iklan dapat melacak posisi Anda di mesin pencari, menganalisis kompetitor Anda, dan menemukan kata kunci yang tepat untuk meningkatkan performa Anda. Alat ini juga membantu dalam menentukan anggaran iklan yang tepat dan memantau kampanye PPC Anda. Fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh SEMrush termasuk laporan audit SEO, alat backlink, dan banyak lagi.

 

3. Mailchimp 

Platform email marketing ini membantu Anda membuat dan mengirimkan kampanye email yang efektif. platform ini untuk mendesain dan mengirimkan email kepada pelanggan dan subscriber website. Dengan sifatnya yang berbasis web, Anda bisa dengan mudah mengakses Mailchimp. Tak perlu download atau install software tambahan. 

 

4. Canva 

Alat ini membantu Anda membuat desain grafis yang menarik untuk kampanye marketing Anda. Bagi yang tidak menguasai alat desain seperti CorelDraw, Photoshop, adobe, After effect untuk membuat konten. Canva dapat menjadi alternatif. Selain mudah, Canva juga menyediakan beragam template desain dan video yang dapat Anda gunakan. Jika menggunakan Canva Pro/berbayar, anda akan mendapatkan lebih banyak template dan tools di dalamnya.

 

5. Ahrefs 

Ini adalah alat analisis backlink dan SEO yang kuat yang membantu Anda memahami bagaimana situs web Anda berkaitan dengan mesin pencari. hrefs yang disebut software suite karena di dalamnya terdapat beberapa tools yang ditujukan untuk SEO, meskipun kegunaannya berbeda-beda. Menurut Backlinko, di awal peluncurannya pada tahun 2011, Ahrefs didesain hanya untuk menganalisis backlink sebuah situs.


6. Buffer 

Platform ini membantu Anda membuat dan memprogram posting media sosial secara efisien. Buffer merupakan tool social media marketing yang dapat membantu Anda mempermudah proses posting Anda di berbagai platform media sosial termasuk Facebook, Instagram, Twitter, dan Pinterest.

 

7. Hubspot 

Ini adalah platform all-in-one untuk pemasaran digital, penjualan, dan layanan pelanggan. Platform ini dikenal sebagai sebuah CRM (customer relationship management). Selain CRM, HubSpot bisa bertindak sebagai pengelola konten, pembuat situs web, dan platform penjadwalan email. Platform ini bahkan bisa menyimpan hingga 1 juta kontak dan perusahaan.

 

8. Moz Pro 

Alat ini membantu Anda meningkatkan performa SEO situs web Anda dan memberikan informasi tentang kompetitor Anda. Moz menjadi salah satu tools dalam riset keyword dan analisa SEO yang biasanya digunakan oleh praktisi SEO. Hal ini karena tools SEO ini, menawarkan kemudahan dan kelengkapan data yang berguna untuk strategi optimasi SEO.

 

9. Hotjar 

Hotjar.com adalah alat analitik yang membantu Anda memahami bagaimana pelanggan menggunakan situs web Anda dan membuat pengalaman yang lebih baik untuk Anda. Hotjar adalah alat pelacakan pengguna berbasis cloud service yang memberikan informasi pengguna dari web dan situs seluler Anda. Hotjar menawarkan heatmap klik dan ketuk, gulir, dan gerakan mouse dari pengguna. Selain heatmap, Hotjar juga menggabungkan sejumlah fitur pengoptimalan konversi. Fitur ini digunakan penguji ke dalam satu platform. Harga layanan ini mulai dari 89 dolar (Rp1,2 juta)AS per bulan untuk 20.000 tampilan halaman. Hotjar juga menawarkan paket gratis terbatas, yang dapat dicoba oleh pengguna.

 

10. Facebook Ads Manager (IG 7 FB Ads)

Facebook Ads Manager adalah fitur yang memungkinkanmu untuk membuat dan mengelola ads di Meta. Fitur ini dibuat khusus untuk marketer yang ingin mengiklankan produk secara profesional di platform Anda seperti di Facebook, Instagram, Messenger, atau Audience Network. Langkah-langkah pembuatan iklan untuk Intagram dan Facebook menggunakan Facebook Ads Manager dibahas di dalam buku STATEGI EFEKTIF INTERNET MARKETING.

 

11. Google Ads 

Merupakan layanan iklan berbayar milik Google yang memungkinkan pemasang iklan untuk menampilkan iklannya di halaman hasil pencarian Google dan situs web lain yang terafiliasi dengan Google. Dalam Google Ads, pemasang iklan dapat membuat iklan teks, iklan display gambar atau video, dan iklan aplikasi mobile. Pemasang iklan dapat menentukan target audiens Anda berdasarkan kriteria seperti lokasi geografis, demografis, minat, dan lainnya. Anda juga dapat menentukan anggaran iklan Anda dan membayar hanya untuk iklan yang diklik oleh pengguna (Cost-per-Click / CPC). Google Ads menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi, sehingga cocok bagi perusahaan kecil dan besar. Pemasang iklan dapat menyesuaikan iklan Anda dan melacak hasil Anda secara real-time, sehingga Anda dapat membuat perubahan dan meningkatkan hasil Anda sesuai dengan perubahan pasar dan kompetisi. Secara umum, Google Ads adalah platform iklan yang efektif dan canggih yang membantu pemasang iklan mencapai tujuannya dan memperoleh hasil yang lebih baik dari iklan online Anda. Cara penggunaan Google Ads dibahas di dalam buku STATEGI EFEKTIF INTERNET MARKETING

 

12. Google Analytics

(Sengaja ditulis di akhir karena Google Analytics akan berakhir awal April 2023 dan akan digantikan oleh Google Analytic 4, sampai artikel ini ditulis belum ada update tentang layanan terbarunya) Google Analytics adalah platform analisis web gratis yang dikembangkan oleh Google. Ini memungkinkan pemilik situs web untuk memantau dan menganalisis lalu lintas situs web Anda dan mengetahui bagaimana audiens Anda menggunakan situs Anda. Dengan Google Analytics, pemilik situs web dapat melacak sumber lalu lintas, halaman populer, tingkat bounce, waktu yang dihabiskan oleh audiens Anda, dan banyak informasi lain yang berguna. Ini memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana situs web Anda diterima oleh audiens Anda dan membuat perubahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.