Text Version 

Jika Anda sudah terbiasa membuat isi dokumen menjadi satu antara halaman daftar isi, pendahuluan, dan halaman isi menjadi satu maka akan kesulitan dalam menentukan penomoran halaman. 

Seperti Daftar isi dan daftar pustaka misalkan, di dalam penomoran halaman harus menggunakan romawi i, ii, iii, …, sedangkan pada bagian isi harus menggunakan penomoran standar 1, 2, 3,…. Jika Anda mengggunakan penomoran awal menggunakan Romawi maka halaman isi ikut menjadi penomoran romawi. 

 



Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langlah berikut ini:

1. Bukalah dokumen MS Word yang akan Anda berikan penomoran halaman. Klik pada Menu Tab Insert. 

2. Lalu lihatlah ke dalam Ribbon Header and Footer, setelah itu klik pada Menu Format Page Number lalu pilih pada Format Page Number. 

3. Jika sudah, akan muncul tampilan jendela untuk mengatur page Number Format. Pilih format romawi dan pilih start at i untuk memulai halaman dari romawi i dan seterusnya. KLik OK untuk membuat halaman tersebut.

4. Secara otomatis, pada halaman dimulai dari halaman romawi i dan halaman isi juga masih ikut format romawi.

5. Untuk mengatur bagian isi agar tidak bernomor halaman romawi, maka Anda dapat klik pada halaman terakhir romawi. Misalkan saja halaman romawi hanya akan sampai halaman iii, maka Anda klik pada bagian dokumen halaman tersebut.

6. Langkah selanjutnya, masuk ke dalam Tab Menu Page Layouts, dan pilih Break dilanjutkan klik Next Page.

7. Maka Pada halaman setelah romawi iii akan berubah menjadi romawi i (sebelumnya iv). 

8. Jika sudah demikian, Anda klik pada teks halaman romawi i tersebut, lalu pilih Menu Page Number dan pilih Format page Number.

9. Atur bagian Number Format menjadi 1,2,3.. dan bagian Start at menjadi 1. Klik OK untuk menyimpan hasil perubahan.

10. Dengan demikian, tampilan nomor halaman pada bagian isi berubah menjadi penomoran angka biasa yaitu diawali dengan nomor 1. 

11. Setelah pengaturan yang Anda lakukan selesai. Kini di dalam satu dokumen, Anda memiliki dua penomoran halaman. Diawali dengan penomoran halaman romawi i,ii,iii dan seterusnya, dan dilanjutkan dengan penomoran pada halaman isi dengan format 1,2,3, dan seterusnya.

 

Artikel ini merupakan salah satu materi di dalam Buku The Most Wanted Tips Word 2019, karya Arista Prasetyo Adi Terbitan Elex Media Komputindo.



Dapat dibeli di :

Gramedia.com

atau Marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak