Artikel ini adalah update untuk buku "Sukses Bisnis Afiliasi 4.0" yang ketika buku tersebut ditulis Tokopedia belum memiliki program afiliasi. 


sumber gambar : tokopedia.com


Tokopedia adalah salah satu marketplace yang memberikan layanan afiliasi bagi penggunanya. Anda bisa memperoleh keuntungan sebesar 1 - 10% dari total penjualan dari link/tautan yang Anda bagikan. Berikut perhitungan komisi dari afiliasi Tokopedia.

  • 10% untuk kategori Makanan & Minuman.
  • 8% untuk kategori Kecantikan, Fashion, dan Rumah Tangga.
  • 5% untuk kategori Kesehatan, Ibu & Bayi.
  • 3% untuk kategori Olahraga dan Hobi.
  • 1 % untuk kategori Handphone, Tablet, Otomotif, dan Elektronik.
  • 2% untuk kategori lainya diluar kategori yang telah disebutkan di atas.

Nilai komisi maksimal Rp 50.000 untuk setiap kategori per penjualan. Tokopedia dapat mengubah persentase & nominal komisi sewaktu-waktu. Pendapatan afiliasi sebesar minimal 10.000 dapat langsung Anda cairkan memalui akun Tokopedia milik Anda.

Langkah pendaftaran 

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar ke program afiliasi Tokopedia:


1.  Dari smartphone yang Anda gunakan, buat akun Tokopedia atau login jika sudah memiliki akun.
2.  Kunjungi halaman "Program Afiliasi" di Tokopedia. Melalui menu semua kategori >> klik menu Tokopedia Afiliate. Atau melalui menu utama (klik bar tiga garis) >> pilih Daftar Afiliasi.

sumber gambar : tokopedia.com

3.  Klik tombol "Daftar Sekarang" dan isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan, seperti nama, alamat email, channel akun apa saja yang akan digunakan untuk promosi. Setelah mengisi form dan mengirimkannya, akan ada halaman untuk menyetujui sarat dan ketentuan layanan. Klik Daftar untuk melanjutkannya. 

sumber gambar : tokopedia.com

4.  Setelah tampilan layar Anda menampilkan selamat bergabung di Afiliate Tokopedia, maka Anda dapat langsung mempromosikann link/ tautannya. Anda dapat mengakses dashboard afiliasi dan memilih produk atau layanan yang ingin Anda promosikan.

Catatan: Syarat dan ketentuan program afiliasi dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga disarankan untuk selalu memeriksa informasi terbaru pada situs Tokopedia.


Cara membagikan Link 

Dapatkan tautan afiliasi dan bagikan ke media sosial atau situs web Anda. Setiap kali seseorang membeli produk atau layanan melalui tautan afiliasi Anda, Anda akan memperoleh komisi. Berikut langkah untuk membagikan link afiliasi Tokopedia : 

  1. Buka produk apapun yang penting berasal dari Oficial Store, Power Merchants, dan Power Merchants Pro. 
  2. Klik ikon bagikan, dan jika produk menampilkan total komisi yang diterima, maka dapat Anda bagikan sebagai link afiliasi milik Anda. 
  3. Klik ikon Link lalu bagikan link ke sosial media seperti Instagram, Tik-tok, artikel website/blog, atau video Youtube. Agar orang tertarik klik link afiliasi milik Anda dan melakukan pembelian, akan lebih bagus jika Anda membuat review produk tersebut. 





Meningkatkan Pendapatan dari program Afiliasi Tokopedia

Berikut adalah beberapa cara yang dapat meningkatkan pendapatan dari program afiliasi Tokopedia:


  1. Pilih produk yang relevan: Pilih produk yang relevan dengan niche atau pasar Anda. Pastikan produk yang Anda promosikan memiliki kualitas yang baik dan populer.
  2. Buat konten yang menarik: Buat konten yang menarik seperti video atau blog post. Buat konten yang informatif, kreatif dan menarik perhatian audiens Anda. Pastikan konten Anda mempromosikan produk-produk Tokopedia dengan tautan afiliasi Anda.
  3. Promosikan di media sosial: Promosikan produk-produk Tokopedia dengan tautan afiliasi Anda di media sosial seperti Instagram, Facebook atau Twitter. Buat konten yang menarik, kreatif, dan sesuai dengan audiens Anda.
  4. Gunakan promosi dan diskon: Gunakan promosi dan diskon yang tersedia pada produk yang Anda promosikan. Hal ini dapat menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan peluang untuk melakukan pembelian.
  5. Gunakan alat bantu marketing: Tokopedia Affiliate menyediakan alat bantu marketing seperti widget produk, banner promosi dan QR code. Gunakan alat bantu marketing ini untuk memperkuat promosi produk-produk Tokopedia.
  6. Terus belajar dan berinovasi: Pelajari tren terbaru dalam pemasaran afiliasi dan terus berinovasi dengan mengikuti tren dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik.
  7. Gunakan program referral: Ikuti program referral untuk merekrut afiliasi baru, dengan demikian dapat meningkatkan pendapatan afiliasi Anda.
  8. Pantau kinerja: Pantau kinerja Anda dengan menggunakan dashboard afiliasi Tokopedia. Pelajari data dan informasi yang disediakan oleh Tokopedia untuk memperbaiki strategi pemasaran Anda.


Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda dapat meningkatkan pendapatan dari program afiliasi Tokopedia dan mencapai kesuksesan dalam mempromosikan produk Tokopedia. Ingat, untuk menjadi afiliasi yang sukses, dibutuhkan kerja keras, ketekunan, dan kesabaran.

Rekomendasi buku best seller belajar tentang Bisnis Afiliasi :