Selasa, 09 Februari 2016

On 17.52 by Royal Writers Community in , , , ,    No comments
Stop Motion merupakan salah satu produk film yang menggabungkan beberapa frame gambar menjadi sebuah adegan bergerak (animasi) dan membentuk sebuah cerita. Untuk membuat adegan per adegan diperlukan ratusan bahkan ribuan foto. Jika pengaturan dalam durasi benar dan pemilihan foto sesuai urutan maka hasil yang dibuat akan maksimal. 





 Banyak software dapat digunakan untuk membuat Stop Motion, dan berikut ini salah satu software terbaik untuk membuat Stop Motion yaitu Camtasia. Untuk membuat Stopmotion dengan camtasia, berikut ini langkahnya




  •  Mempersipkan gambar
ketika akan membuat stop motion adalah dengan mengurutkan gambar sesuai urutan 1,2,3 dan seterusnya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengelola gambar yang jumlahnya banyak.

  • Proses ke dalam Camtasia


1.  Klik tombol Import Media pada Menu di Camtasia, kemudian masukkan semua gambar yang akan digunakan untuk membuat Stop Motion, dengan cara seleksi semua gambar lalu klik tombol Open.
                    
  



2.  Jika sudah, maka gambar akan masuk ke dalam Menu Clip Bin yang ada di Camtasia.




3.  Langkah selanjutnya, Anda dapat masukkan gambar satu persatu atau langsung blok beberapa gambar sesuai dengan urutan adegan ke dalam Track.

4.  Lalu setelah gambar berada di dalam Track, Anda wajib merubah durasi kecepatan gambar tersebut. Caranya, seleksi (ctrl + A) pada track tersebut, lalu klik kanan dan pilih Clip Speed.



5.  Akan ditampilkan kotak dialog yang berisi Informasi "Original clip speed", yang artinya adalah merupakan kecepatan klip normal yang diidentifikasi dengan 100%.




6.  Lalu Anda dapat atur Speed Duration menjadi lebih cepat daripada durasi normalnya. Caranya, Anda dapat rubah pada presentase di dalam kotak yang disediakan. Jika normal adalah 100%, anda dapat percepat misalkan 5 kali lipat maka anda dapat rubah presentasenya dengan 500%. Anda dapat perhatikan pada bagian original duration dan new Duration. New Duration yang ditampilkan merupakan durasi hasil perubahan 500% dan akan lebih cepat selesai.Jika sudah selesai, klik OK untuk menyimpan hasil perubahan.

7.  Anda dapat perhatikan pada bagian Track yang ditempati oleh kumpulan gambar terebut, maka durasinya akan berkurang ditunjukkan dengan menyempitnya timeline di dalam track.

8.  Jika Anda sudah menentukan Speed Duration, kini ada satu pengaturan yang dapat anda lakukan yaitu mengatur menu duration. Seleksi semua gambar yang ada di dalam track, lalu klik kanan dan pilih Duration.
.
9.  lalu akan muncul isian Duration (detik). Menu Duration ini, digunakan untuk melakukan perpindahan dari gambar satu ke gambar selanjutnya. Untuk pembuatan Stop motion, Duration ini nantinya harus dibawah 1 detik. Rubah ukurannya misalkan saja 0.2 detik atau yang lainnya, lalu klik OK untuk menyimpan hasil perubahan.






Jika sudah, Anda dapat pula menambahkan lagu/ suara pendukung untuk Stop Motion yang anda buat. Anda dapat mengambil lagu dari luar atau mengambil dari Library yang disediakan Camtasia.Pada contoh ini akan digunakan salah satu sound/lagu dari Library.

1.  Pertama, masuklah ke dalam Menu Library. Di dalam Library dapat anda pilih Lagu sesuai dengan tema Stop motion yang anda buat.

2.  Lalu masukkan ke dalam salah satu Track  yang berbeda dari kumpulan gambar tadi.
3.  Anda dapat rapikan bagian timeline lagu dengan cara drag/geser sesuaikan dengan timeline kumpulan gambar, supaya ketika video selesai gambar dan lagu selesai secara bersamaan.






Setelah selesari Render File Camtasia menjadi Video sesuai Format favorit kesukaan Anda. 


0 komentar:

Posting Komentar