Pembuatan film tidak hanya "melulu" urusan pengambilan gambar, akting, lighting, dan pembuatan skrip naskah film saja. Namun yang tak kalah penting yaitu penguasaan edit  film dan  rendering. Editing film inilah yang menjadi poin penting dalam mengatur suara, gambar, video, dan durasi yang membentuk sebuah satu kesatuan yang disebut sebagai film.
Camtasia Studio 8 adalah salah satu Solusi untuk editing film bagi Anda yang ingin terjun ke dunia pembuatan Film. Software multimedia ini sering dikenal sebagai software pembuat video tutorial untuk merekam layar dekstop komputer. Namun sebenarnya, penggunaan software ini ada sisi canggih yang dapat dikembangkan untuk pembuatan film. Tools yang mudah, User interface yang bagus, dan ukuran file yang tidak terlalu besar, membuat Camtasia Stduio 8  layak anda gunakan untuk pembuatan film pertama Anda. 

Pembahasan dalam buku mencakup:
Bagaimana Cara Menginstal Camtasia Ke dalam Komputer
Menu Penting dan  Sering digunakan di dalam Camtasia Studio 8
Membuat Film Dari Gabungan Gambar dan Suara
Membuat Trailer Film
Melakukan Sensor Film
Menambahkan Efek Penunjang Dalam Pembuatan Film
Membuat Frame Pada Layar Film
Membuat Stop Motion
Membuat Slow Motion
Membuat Film Dari Rekaman layar Dekstop
Dan Lain-lain

Update : 
Buku ini telah habis terjual dan tidak dicetak lagi, untuk pembahasan serupa yaitu panduan menggunakan Camtasia, dapat dibaca pada buku "Video Apapun Tanpa Ribet" dalam format Buku Digital yang dijual di Gramedia E-Book.