Salah satu kegiatan mendesain pada CorelDraw adalah melakukan pemotongan, menggabungkan, dan edit lainnya pada beberapa bidang gambar. Salah satu fasilitas yang ada di CorelDraw yang perlu diketahui adalah Shaping. 


Fungsi ini sangat berguna untuk memotong atau menggabungkan obyek gambar. Beberiku tini beberapa fungsi Shaping yang perlu Anda kuasai : 

 TUTORIAL VERSI VIDEO 


TUTORIAL ARTIKEL

1. COMBINE

Menggabungkan dua objek atau lebih menjadi satu objek dan menghilangkan perpotogan/irisan objek-objek tersebut.



2. WELD

Menu Weld digunakan untuk menggabungkan dua bidang menjadi satu kesatuan. Caranya seleksi kedua bidang, atau dimulai dengan klik Shift (tahan) + bidang paling atas +  dilanjutkan klik pada bidang layer bawahnya (warna biru) lalu jika kedua bidang telah terseleksi rumus Shaping akan muncul pilih Weld, dan hasilnya kedua bidang akan menjadi satu. 

Jika Anda melakukan klik dahulu pada bidang atas (kuning) diikuti klik bidang biru, maka hasil Weld akan menjadi bidang warna kuning. 


3. TRIM

Trim digunakan untuk pemotongan bidang satu dengan yang lainnya. Ketika bidang diseleksi secara bersamaan lalu klilk Trim hasilnya bidang pada layer bawah akan terpotong dengan bidang layer atas. Namun jika layer bawah dahulu yang diseleksi (Klik Shift tahan + bidang biru + bidang kuning) maka bidang kuning yang akan terpotong oleh bidang biru.



4. INTERSECT

Membuat bidang baru hasil dari persinggungan / tumpang tindih dua buah bidang. Dua bidang yang bersinggungan ini tidak mengalami perubahan. Caranya seleksi kedua bidang, atau satu persatu lalu menu Shaping akan tampil lalu kemudian pilih Intersect. geser bidang yang bersinggungan dan akan muncul bidang baru hasil singgungan. 


5. SIMPLIFY

Simplify fungsinya hampir sama dengan Trim, bedanya simplify tidak terpengaruh bidang mana dahulu yang dipilih untuk memotong. Simplify akan memotong bidang di layer bawah, sedangkan bidang paling atas sebagai pemotongnya. 


6. FRONT MINUS BACK

Fitur front minus back bekerja dengan cara bidang bagian bawah akan memotong bidang bagian atas. Sendangkan bidang bagian bawah yang berfungsi sebagai pemotong akan hilang. 


7. BACK MINUS FRONT

Adalah kebalikan dari front minus back, yaitu bidang bagian atas akan memotong bagian bawah. Hasilnya bidang pemotong akan hilang. hasilnya hanya bidang bagian bawah yang terpotong.



8. CREATE BOUNDARY

Fungsinya hampir sama dengan WELD, bedanya kedua bidang yang bersatu ini akan menghasilkan berupa outline (garis) saja, tidak ada fill (warna isi). Bidang asli tetap masih ada. 



Itulah tadi fungsi fitur Shaping di dalam CorelDraw yang harus Anda kuasai. Jika Anda ingin lebih lanjut mempelajari CorelDraw dari awal hingga mahir, dan disajikan dengan bahasa sederhana step by step  bisa membaca buku The Power of CorelDraw yang diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo. 

Cetakan pertama : Maret 2019

Cetakan kedua  :  Agustus 2021


Pembelian online di : Gramedia.com