Copy writing menjadi andalan berpromosi terutama di dunia Internet Marketing melalui artikel, gambar, dan video. Copy writing yang baik terutama tentang sebuah penawaran baik produk atau jasa adalah copy writing yang bercerita, memperkenalkan, menjelaskan, lalu mengajak untuk menggunakan. 

Jika ingin melakukan tahapan copy writing yang baik, Anda dapat memanfaatkan konsep AIDA marketing. AIDA sendiri memiliki kepanjangan Attention, Interest, Desire, dan Action, dengan penjabaran urutan  sebagai berikut ini : 

1. Attention

Yaitu mencari perhatian calon konsumen / membahas tentang mereka (konsumen)

2. Interest

Memahami keinginan / kebutuhan konsumen

3. Desire

Menciptakan keinginan kepada konsumen untuk memiliki/mengikuti

4. Action

Bagaimana calon konsumen bisa mendapatkan produk ini. 

Untuk contohnya adalah sebagai berikut, yaitu penawaran produk buku "Membuat Aplikasi Android tanpa coding" 

1. Attention 

Bisa membuat aplikasi Android adalah impian banyak orang, terkhusus bagi yang ingin memperdalam di bidang pekerjaan pembuatan aplikasi.  Namun, susahnya coding dalam pembuatan aplikasi Android membuat banyak Orang kesusahan dalam mempelajarinya, bahkan beberapa langsung menyerah dan  enggan memulainya.

2. Interest 

Tapi itu dulu. Sekarang ini para pemula yang tidak paham tentang coding pun bisa membuat aplikasi Android sendiri, hanya melakukan drag and drop, Anda sudah bisa membuat aplikasi Android sendiri. Lalu jika sudah mahir dan mengembangkannya dapat membuat aplikasi yang lebih profesional, tanpa perlu memahami kode program yang sangat rumit.

3. Desire

Bagaimana caranya? Salah satunya menggunakan aplikasi turunan MIT App Inventor yang hanya dengan mengandalkan  drag and drop tanpa perlu menulis secara lengkap kode program. Lalu bagaimana caranya untuk dapat membuat aplikasi Android sendiri? Tentunya dengan mengandalkan buku panduan "Membuat aplikasi Android Tanpa Coding". ... (diikuti penjelasan tentang kelebihan dan keuntungan menggunakan atau mengikuti).

4. Action

Buku bisa didapatkan di Gramedia dan toko buku di seluruh Indonesia, atau pembelian Online bisa melalui : Gramedia Online <=== dapatkan harga diskon ketika membeli secara Online di sana! (menunjuk pada tautan pemesanan, kontak telepon, atau email)




Dari rangkaian kalimat yang terdiri dari satu atau beberapa paragraf, jika ditulis menggunakan konsep AIDA maka promosi Anda akan tertata rapi dan yang paling penting, pembaca tidak langsung tahu bahwa artikel yang Anda tulis adalah sebuah promosi. 

Copy Writing pada baliho, flyer, video, dan media promosi yang lainnya juga dapat menggunakan konsep AIDA ini. Mau tahu pembahasannya? Tunggu artikel-artikel lainnya disini ya..

Punya website tetapi tidak ada waktu dan tenaga untuk update dengan artikel SEO Friendly?