Green Screen disatukan dengan background


Hasil mengganti background



Tutorial Video :

Camtasia Versi 2018 Ke atas


Tutorial Camtasia 8

Tutorial Teks 

Untuk urusan edit video, Camtasia juga dapat digunakan untuk mengganti background video dengan konsep green screeen.

1. Langkah pertama,  Anda hanya perlu mempersiapkan video dengan layar hijau dan mempersiapkan gambar atau video untuk backgroundnya. 

2. Masukkan semua media, baik video layar hijau, gambar background atau video background ke dalam Camtasia Studio. Anda dapat memasukkannya melalui menu Import Media. 

3. Terapkan media yang telah dimasukkan tersebut ke dalam timeline Camtasia. Pastikan gambar background berada pada rrack 1 dan Video layar hijau pada track 2. 

4. Atur posisi antara video latar belakang dengan layar hijau. Hal ini agar terjadi komposisi skala 1:1. 

5. Jika Anda rasa bagian background dengan layar hijau telah sesuai komposisi, Anda tetap masih aktifkan video layar hijau dengan klik pada timeline di track 2. Lalu masuk ke dalam menu Visual Properties yang ada di navigasi Camtasia. 

6. Di dalam menu Visual Properties pilih Remove a Color dan Anda dapat lihat perubahan sementara pada layar preview Camtasia. Biasanya background belum benar-benar sempurna terhapus, masih ada garis hijau pada obyek video. Atur bagian tolerance untuk menghilangkan garis hijau pada obyek dan atur bagian hue, softness, dan defringe untuk mendapatkan tampilan nyata obyek menyatu dengan background. 

7. Jika diperlukan bayangan, agar obyek nampak menyatu dengan background, Anda dapat pilih pengaturan Drop Shadow. Sesuaikan dengan bayangan pada background. 

8. Setelah selesai, Anda dapat render dan menyimpannya ke dalam format MP4, agar dapat diputar ke dalam video player. Untuk proses render, sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya. 

 Tutorial ini merupakan salah satu materi di dalam buku Panduan CorelDraw, Photoshop, dan Camtasia, karya Arista Prasetyo Adi yang diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo

Pembelian buku secara online : 

Gramedia Online

Marketplace (keyword : Panduan CorelDraw, Photoshop, dan Camtasia, karya Arista Prasetyo Adi)