Search Enggine Optimalization atau SEO masih menjadi andalan banyak orang untuk bisa menaikkan peringkat website/blog ke halaman utama mesin pencarian. Walaupun algoritma Google berubah-ubah dan misterius, tidak menutup kemungkinan ada beberapa teknik yang sudah tidak relevan atau ada teknik SEO yang masih relevan, bahkan teknik tersebut bisa saja sangat membantu dalam optimalisasi website ke dalam mesin pencarian. 

sumber gambar https://neilpatel.com/


Ada dua jenis teknik SEO yang dapat digunakan untuk menaikkan peringkat website, yaitu teknik on page dan off page. SEO on page sendiri merupakan teknik yang berfokus pada optimasi di dalam website itu sendiri, sedangkan SEO off page merupakan teknik yang berfokus kepada media luar website. Untuk lebih mengenalnya, berikut beberapa teknik SEO baik on page dan off page yang dapat Anda coba. 

SEO ON PAGE

1. URL SEO 

Merupakan teknik yang mengoptimalkan alamat website agar mudah terindeks ke dalam mesin pencarian. Optimasinya diantaranya memilih nama website yang mudah, sesuai bisnis, tidak banyak singkatan, hindari tanda hubung (-), menggunakan HTPPS, dan menghindari postdate URL. Hal ini biasa dilakukan ketika Anda baru memulai memiliki website yaitu ketika membeli domain dan melakukan pengaturan

2. Konten SEO

Jika bicara on page SEO tentu konten adalah yang utama. Orisinalitas konten, konsistensi dalam membuat konten, dan penulisan artikel yang menarik akan berpengaruh kepada trafik kunjungan website. Konten yang dapat Anda optimalkan adalah tulisan (artikel), gambar (nama gambar, ukuran, orisinalitas), dan video. 

3. Internal Link

Internal Link merupakan membuat beberapa link (tautan) di dalam artikel yang saling terhubung ke dalaam artikel lainnya di dalam satu website. 

4. Copy Writing dengan Tepat

Ketika membuat artikel, jangan terlalu terlihat sebagai sebuah iklan, gunakan teknik copy writing misalkan copy writing menggunakan teknink AIDA. 

5. Menambahkan Meta Tag

Meta Tag dipercaya masih bisa digunakan untuk SEO on page. Pada website yang Anda kelola dapat Anda tambahkan meta description tag, dan meta keyword ke dalam bagian <head> dan </head> kode HTML website. 


Pada Meta description isikan deskripsi sesuai dengan tema website yang Anda kelola, tulisakan paling tidak 2-3 kalimat singkat saja. Lalu pada meta keyword, masukkan beberapa keyword yang Anda bidik sesuai dengan tema website. pisahkan antar kata di dalam keyword menggunakan koma. 


SEO OFF PAGE

1. Link Building

Menempatkan link atau bertukar link bisa menjadi cara untuk menaikkan peringkat website. Beberapa media yang dapat Anda gunakan misalkan: saling bertukar link antar pemilik website, link ke dalam forum, membagikan link ke social media, dan lain-lain.

2. Google My Business

JIka Anda tidak hanya memiliki website saja, tetapi memiliki lokasi bisnis, kontak telepon, dan informasi bisnis lainnya. Anda dapat manfaatkan Google My Business. Layanan ini tergolong ampuh untuk meningkatkan kunjungan yang akan ditampilkan ke dalam mesin pencarian. Bila belum memiliki akun Google My Business, Anda dapat mendaftarkannya di https://www.google.com/business.



3. Google Analytics

Pasang Google Analytic ke dalam website yang Anda kelola, fungsinya untuk mengetahui trafic web berupa kunjungan, kata kunci, dan hal-hal data lainnya. Dapat Anda daftarkan ke dalam analytics.google.com.

4. Google Search Console

Google Search Console merupakan platform gratis untuk  mengoptimalkan kinerja website  ke dalam Google.  Google.Dengan tools ini, Anda juga bisa memasukkan situs agar terdeteksi oleh Google.Tidak hanya itu, Google Search Console memudahkan penggunanya untuk mengetahui kueri dan halaman dengan traffic tertinggi. Dapat Anda daftarkan melalui https://search.google.com/search-console/about.

Itulah tadi beberapa teknik SEO baik on page atau off page, teknik SEO ini akan selalu update setiap waktu dan Anda harus mengikuti perkembangannya. Jika ada tambahkan atau masukkan tentang artikel ini silahkan tulis di dalam komentar ya..