Power Point biasanya digunakan untuk membuat presentasi, namun sebenarnya power point memiliki fungsi yang beragam, misalkan untuk membuat video dan yang paling seru adalah untuk membuat konten Instagram. Konten instagram baik berupa gambar atau video sangat mudah dibuat menggunakan Power Point, tinggal bagaimana Anda mengetahui tips dan triknya saja. 



Berikut langkah - langkah membuat konten Instagram menggunakan power Point :

  • Bukalah Power Point 2021 pada posisi blank presentation. 

  • Selanjutnya Anda harus mengatur ukuran desain tersebut sesuai dengan ukuran feed instagram yaitu 1:1 atau dengan ukuran persegi. Untuk merubahnya, Anda dapat masuk ke dalam tab Design kemudian pilih Slide Size, dimana pilih pada Custom Slide Size.

  • Akan ditampilkan jendela untuk pengaturan halaman presentasi, pilih custom lalu atur width dan height dengan ukuran yang sama. Jika biasanya desain feed Instagram adalah 1080 x 1080 px, maka dapat Anda konversikan dengan ukuran centimeter yaitu 28,57 x 28,57 cm. Klik Ok untuk menyimpan hasil perubahannya, akan muncul jendela untuk memilih maximize atau Ensure fit pilihlah maximize.


  • Setelah itu Anda akan memiliki area desain presentasi berukuran persegi. Hapus bagian panel untuk menambahkan judul teks agar nanti tidak mengganggu dalam proses mendesain. 

  • Sekarang dapat Anda tambahkan warna background, berupa warna solid, gradien, dan lainnya. Masuk ke dalam menu tab Design >> format background >> fill lalu pilih warna. 

  • Butlah teks untuk konten, dengan menggunakan WordArt di dalam menu tab Insert, lalu atur jenis font dan ukurannya pada pengaturan di tab Home >> Font. 

  • Tambahkan gambar penunjang konten feed. Anda dapat ambil dari file penyimpanan dengan masuk ke dalam menu Insert >> Pictures. Setelah masuk ke dalam halaman desain presentasi, atur posisi dan ukurannya. 

  • Tambahkan beberapa komponen selain teks dan gambar, misalkan shapes dengan masuk ke dalam tab Insert >> shapes. Atur posisi shapes dan berikan warna latar belakangnya. 


  • Tambahkan teks ke dalam shapes, dengan cara klik kanan pilih edit text, untuk menampilkan desain berupa tombol atau keterangan teks di dalam shapes. 

  • Lengkapi desain hingga selesai membentuk desain feed Instagram yang menarik. Untuk elemen yang keluar dari area desain, nantinya tidak akan ditampilkan jadi Anda tidak perlu menotongnya. 


  • Jika desain telah selesai, Anda dapat simpan ke dalam format gambar PNG. Lakukan Save As, kemudian pilih save as typenya PNG. Klik Save untuk melanjutkan proses penyimpanan file. 

  • Jika tampil jendela untuk menentukan slide mana saja yang akan di eksport ke PNG. Maka jika di dalam slide ada beberapa desain dan ingin Anda simpan PNG maka pilih All slides. Namun jika hanya satu slide terpilih saja yang akan disimpan pilih Just this one. 

  • Hasilnya dapat Anda lihat lalu dapat dipublikasikan ke dalam feed Instagram yang Anda gunakan. Jangan lupa simpan juga ke dalam format Power Point agar nantinya Anda dapat mendesain lagi menggunakan template yang sudah ada. 



Tips ini merupakan salah satu pembahasan di dalam buku : Most Wanted Tips & Trick Word + PowerPoint 2021 Langsung Mahir! yang diterbitkan di Elex Media Komputindo pada tangal 3 Juni 2023. Buku ini bisa didaptkan di seluruh TB Gramedia di seluruh Indonesia atau melalui gramedia online

klik banner ini untuk pembelian secara online di Gramedia.com