Siapa yang ingin membuat aplikasi Android atau iOS sendiri? Pastinya semua ingin bisa membuatnya kan? Nah jika tidak paham dengan pemprograman, Anda bisa gunakan Thunkable (Thunkable.com). Jadi fitur atau kelengkapan apa saja sih di dalam Thunkable?



Thunkable adalah platform pengembangan aplikasi yang sangat populer untuk membuat aplikasi mobile Android dan iOS. Platform ini dikembangkan dengan tujuan untuk membantu orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan pemrograman untuk membuat aplikasi mobile tanpa perlu menulis kode secara manual.

Platform ini menggunakan sistem drag-and-drop yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai jenis elemen dan fungsi ke dalam aplikasi mereka, seperti tombol, tampilan, sensor smartphone, dan banyak lagi. Dalam hal desain, Thunkable memungkinkan pengguna untuk memilih dari berbagai jenis tema dan desain yang sudah tersedia, atau mereka dapat membuat desain khusus mereka sendiri.

Thunkable juga menyediakan banyak fitur untuk memudahkan pengguna dalam membuat aplikasi mereka, seperti fitur integrasi dengan layanan pihak ketiga seperti Firebase, Google Maps, dan banyak lagi. Selain itu, Thunkable juga menyediakan fitur untuk menganalisis kinerja aplikasi dan penggunaannya, sehingga pengguna dapat melihat bagaimana pengguna aplikasi mereka berinteraksi dengan aplikasi tersebut.






Ada dua versi Thunkable, yakni Thunkable Classic dan Thunkable X. Thunkable Classic adalah platform asli yang diperkenalkan pada tahun 2015, sedangkan Thunkable X diluncurkan pada tahun 2018 dan merupakan versi yang lebih modern dan canggih.

Dalam penggunaannya, Thunkable dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi, seperti aplikasi game, aplikasi bisnis, aplikasi edukasi, dan banyak lagi. Pengguna Thunkable dapat membuat aplikasi mereka sendiri atau menggunakan template dan contoh aplikasi yang tersedia di platform tersebut.


Detail : 

Jumlah Halaman : 228

Penerbit : Elex Media Komputindo

Tanggal Terbit : 8 Jun 2021 (cetak ulang 2x)

ISBN : 9786230023927

Bahasa : Indonesia

Jika ingin lebih jauh belajar membuat aplikasi Android menggunakan Thunkable, Anda dapat membaca dan mempraktekkan bukunya yaitu " Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding". Buku ini diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo dan dijual di seluruh toko buku Gramedia. Untuk pembelian Online melalui website Gramedia, bisa dipesan di sini!