Tutorial Video 

Klik Video ini !




 Tutorial Teks

Dengan menggunakan Thunkable Anda juga bisa membuat aplikasi penterjemah atau translator. Aplikasi ini cukup mudah dibuat karena sudah disediakan juga komponen Translator untuk dimasukkan ke dalam sistem aplikasi.

 

Membuat Desain Aplikasi

Untuk membuat tampilan atau desain user interface aplikasi Translator, berikut ini langkah-langkahnya:

1.Pada akun Thunkable, Anda klik pada Create New App, lalu pada jendela Create ne Project masukkan nama aplikasi dan kategori (opsional). Klik create untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. 

2.Setelah masuk ke dalam tampilan aplikasi, masukkan komponen button dan text input ke dalam screen. Dengan posisi text input diatas button. 

3.Masukkan pula Label, dan letakkan pada posisi paling atas. 

4.Kemudian hal terpenting, Anda dapat memasukkan komponen Translator melalui pallete menu user interface. Jika tidak menemukan komponen ini, Anda dapat cari melalui kotak pencarian yang tersedia. Komponen translator ini nantinya sebagai invisible Component yaitu komponen yang tidak terlihat pada desain tetapi digunakan untuk fungsi sistem aplikasi. 

5.Masih pada komponen translator, pada tab propertiesnya atur source language dan target languagenya. Source language dapat Anda atur sebagai bahasa yang diinput sedangkan target language sebagai hasil terjemahannya. 

6.Pada pengaturan komponen lainnya, misalkan label, maka Anda klik pada label lalu pada panel properties isikan teks misalkan “hasil terjemahan”. Lalu bisa Anda berikan margin antar komponen misalkan 10 px.


7.Pada komponen text input, atur pada pproperties dengan mengubah Hint menjadi teks sesuai keinginan Anda, misalkan diganti dengan “Terjemahkan Disini”. 

8.Komponen button atau tombol juga dapat Anda atur pada bagian properties, dengan mengubah nama tombol, ukuran teks, warna teks, dan lain-lain. Sehingga menjadikan tampilan aplikasi menjadi selayaknya aplikasi penterjemah.  

Mengatur Blok Fungsi

Jika pengaturan user interface telah selesai, kini saatnya Anda mengaur blok fungsi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi, dan berikut ini langkah-langkahnya:

1.Masuk ke dalam menu Blocks, lalu pilih Button1, dan pada bagian blok fungsinya pilih when button1 click. 

2.Dilanjutkan dengan masuk ke dalam Translator1, kemudian pilih blok fungsi in translator call translate. Gabungkan blok fungsi tersebut ke dalam blok Button1 yang sudah Anda pilih sebelumnya. 

3.Kemudian masuk ke dalam menu blok Label1 dan piih blok fungsi from label1 set text to “label”. Kemudian letakkan blok fungsi tersebut ke dalam bagian then do. 

4.Pindahkan blok result ke dalam blok to “label”. Fungsinya adalah menampilkan hasil translate dari teks label yang telah disediakan. 

5.Langkah terakhir, masuk ke dalam blok Text_Input1 dan pilih fungsi from Text_Input1 get Text. Lalu gabungkan ke blok fungsi utama letakkan pada text to translate menggantikan blok “hello”. 

Melihat Hasil Pembuatan Aplikasi

Untuk melihat hasilnya, Anda dapat tes menggunakan Live Test.


Pada tampilan aplikasi, Anda dapat mengetikkan kata atau kalimat berbahasa Indonesia dan klik tombol Translate untuk menterjemahkannya. Untuk mengganti teks yang sudah pernah diinput, Anda tinggal hapus saja lalu ketikkan lagi dengan kata atau kalimat baru untuk diterjemahkan. 

Materi diambil dari buku : 

Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding - penulis Arista Prasetyo Adi

Penerbit Elex Media Komputindo Grup Kompas Gramedia

Tanggal Terbit : Februari 2021

Beli buku online : Gramedia

beli e-book        : Gramedia E-Book