Jika Anda ingin membuat website, tentunya diperlukan domain dan hosting. Domain adalah pengalamatan sebuah website, dimana alamat ini diketikkan ke dalam browser. Pengalamatan ini bisanya menggunakan *.com, *.net *.id, dan lain-lain. Layaknya rumah, domain adalah alamat Anda untuk dikunjungi di Internet. Sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan di dalam server penyedia layanan. Data-data ini akan dikirim dan menghasilkan informasi yang akan ditampilkan ke dalam browser internet. 

Untuk dapat memiliki domain dan website sendiri, Anda dapat membelinya hanya dalam beberapa langkah ini : 

1. Klik / pilih banner di bawah ini untuk Anda menuju ke dalam halaman pendaftaran web dan hosting di Niagahoter. 




  2.Setelah Anda klik pada gambar untuk pendaftaran domain, masuk ke dalam menu Domain Murah atau Domain. Anda dapat pilih nama domain yang akan Anda beli untuk satu tahun. 
 
3.Anda dapat langsung menentukan nama domain yang Anda pilih, isikan nama alamat domain yang ingin Anda daftarkan. Anda dapat menggunakan Nama domain dengan akhiran seperti .com, .org, dan lainnya. Setelah menentukan nama domain, klik tombol "Beli Domain" untuk mengetahui ketersediaan nama Domain yang Anda pilih. Apakah bisa Anda gunakan atau sudah dibeli oleh orang lain.
 
4.Setelah klik tombol Beli Domain, jika nama yang Anda pilih belum ada yang menggunakan, maka Anda dapat langsung memasukkan pesanan Anda ke dalam keranjang belanja, dengan tekan tombol "Tambah ke Cart".
 
5.Anda akan mendapatkan konfirmasi total biaya untuk pembelian langganan Domain selama satu tahun. Misalkan untuk domain web.id Anda akan membayar sekitar 60 ribuan untuk satu tahaun. Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, Anda dapat Klik pada tombol "Lanjutkan". 
 
6.Pada tahap selanjutnya, Anda dapat memilih paket hosting yang akan anda sewa selama 1 tahun guna penyimpanan file web. Klik tombol pilih paket, dan akan ditampilkan beberapa pilihan paket.
 
7.Pelajari paket yang ditampilkan, lalu setelah Anda memutuskan piliham , klik tombol Pilih. Biasanya banyak diskon yang ditampilkan di dalamnya, jika sedang ada paket diskon, Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut.

8.Pilih hosting yang tanpa bonus domain, untuk mendapatkan harga murah, lalu pilih paket bayi yang satu tahun pertama sekitar 230 ribuan, dan masukkan domain yang sudah Anda pesan diawal, klik tombol gunakan domain untuk melanjutkannya. 
 
9.Akan ditampilkan biaya tahun pertama sebesar 300 ribuan, yang dapat Anda gunakan untuk domain dan hosting toko online Anda nantinya. Klik tombol Checkout Sekarang.
 
10.Jika sudah, pada proses berikutnya Anda dapat pilih metode pembayaran yang akan digunakan, lalu isikan detail informasi untuk login ke dalam dasbor Niagahoster.co.id nantinya. 

11.Setelah klik tombol daftar dan Checkout, maka akan ditampilkan pemberitahuan tentang pesanan order yang sudah Anda lakukan. Cek pada email dahulu atau klik langsung pada pemberitahuan, maka nanti Anda akan mendapatkan detail order yang harus Anda bayarkan untuk berlangganan domain. 
 
12.Segera setelah membayarkan melalui kontak rekening Bank layanan domain dan hosting, lakukan konfirmasi seperti penjelasan di dalam email yang telah Anda terima, supaya domain dan hosting segera dapat digunakan. 


VIDEO TUTORIAL MEMBELI DOMAIN & HOSTING DENGAN CEPAT

Untuk belajar langsung tentang membuat website, menggunakan Wordpress, dapat Anda baca buku berikut ini : klik cover untuk membelinya di Gramedia.com.

 


*jika suatu saat versi cetak habis, Anda dapat membeli versi ebooknya di ebook Gramedia!