Grafik mini atau disebut dengan Sparklines merupakan sebuah grafik kecil yang ditempatkan di dalam sebuah sel, sehingga grafik tersebut mewakili kondisi data tertentu yang berada di dalam satu baris sel.
Ketika menggunakan sparklines Anda dapat menampilkan grafik berupa garis, grafik batang, maupun grafik laba/rugi (Win/Loss).





1.       Untuk membuat  sparklines, Anda dapat membuat tabel seperti gambar dibawah ini. Atau Anda dapat membuat tabel horisontal menggunakan kasus yang lainnya.



2.    Setelah membuat tabel seperti yang di atas, Anda dapat melakukan seleksi di bagian data nilai.



3.     Langkah selanjutnya, masuk ke dalam tab Insert è Sparklines. Anda dapat menggunakan grafik garis atau batang untuk menambahkan grafik sparklines. Misalkan saja dipilih  grafik garis, maka klik pada opsi Line.


4.    Kemudian akan muncul jendela Create Sparklines. Pada isian Data range merupakan bagian data yang Anda seleksi. Pada bagian isian Location Range, isikan lokasi sel yang akan digunakan untuk tempat grafik sparklines. Klik OK untuk mengakhiri pembuatan Sparklines.




5.  Jika sudah selesai, maka pada bagian sel akan nampak sebuah grafik kecil sesuai dengan data yang telah diseleksi sebelumnya.