Banyak orang yang mengeluhakan susahnya membuat label untuk undangan. Susahnya memasukkan data ke dalam kolom-kolom yang tersedia menjadi alasan susahnya membuat label undangan tersebut.


Padahal ada cara mudah dan cepat untuk membuat label undangan menggunakan Ms Word. Anda hanya perlu menyediakan template yang banyak disediakan di internet atau disediakan oleh salah satu produsen label undangan seperti tjlabels.com. Siapkan template sesuai dengan Label undangan yang Anda miliki dengan cara mengunduh melalui website tjlabels.com atau melalui website lain yang menyediakan.


Siapkan pula data-data untuk isi label. Biasanya data tersebut memuat Nama dan Alamat penerima undangan. Tuliskan Nama dan Alamat data undangan ke dalam Excel.














Jika template label word dan data di dalam Excel sudah siap, Anda dapat langsung membuatnya dengan langkah berikuti ini:
1.  Atur ukuran dan jenis Font yang akan Anda gunakan untuk label. Sesuaikan dengan ukuran label, jika kecil gunakan font yang kecil seperti Times new Roman dengan ukuran 14 atau 16.



2.  Masuk ke dalam Tab Mailings, klik Select Recipiens lalu tekan tombol Use an Existing List.., maka akan ditampilkan jendela untuk mencari file data Excel yang sudah Anda siapkan.



3.  Jika sudah menemukan data Excel Nama dan Alamat, klik tombol Open. Akan ditampilkan jendela untuk insert file ke dalam template Word. Klik Sheet tekan Oke.




4.  Setelah selesai, pada Tab Mailings, pilih Insert Merge Field akan ditampilkan dua Field Nama dan Alamat yang mana Field tersebut adalah dari judul kolom Excel Anda. Ganti TEXT dengan Nama dan SAMPLE dengan Alamat.






5.  Langkah selanjutnya, masuk ke dalam Mailings >> Rules lalu arahkan Next Record ke bagian bawah <<Alamat>>. Hal ini bertujuan agar nanti data yang ditampilkan tidak sama, mulai dari label satu sampai akhir. Jika tidak menggunakan Next Record, maka data yang tampil di semua kolom Label hanya data pertama saja.



6.  Masukkan semua Field ke semua kolom seperti pada kolom pertama. Anda dapat kopi paste, atau melakukan langkah-langkah seperti penjelasan sebelumnya, sampai semua kolom di dalam template memiliki Field sama.



7.  Untuk melihat data di dalam label, klik tombol Preview Result. Maka di dalam tiap kolom label akan ditampilkan nama dan alamat sesuai dengan data Excel yang pernah Anda buat.



8.  Untuk proses percetakan, pastikan Anda atur Next dan preview sesuai dengan jumlah kolom label. Jika menggunakan template label berjumlah 12 kolom, maka Anda melakukan Next pada setiap cetakan pada kelipatan 12. Misalkan halaman pertama cetakan label adalah 1, maka untuk mencetak halaman berikutnya masukkan angka 13,25, dan seterusnya, hal ini untuk menghindari mencetak ganda pada data yang tersedia.








Sumber :

Buku  The Best Tips And Trick Ms Office Word 



Related Post :
Cara mencetak label undangan, label undangan, cetak label undangan dengan excel, tips dan trik Excel,