Untuk meningkatkan konversi atau penjualan serta terciptanya pelanggan setia, diperlukan pemetaan pelanggan. Dalam dunia marketing, ada 3 jenis pasar yang dapat Anda hadapi. 3 jenis cutomer ini diantaranya adalah golongan dingin (cold), golongan hangat (warm), dan golongan panas (hot). Ketiga jenis golongan pasar tersebut biasa disebut dengan Customers temperatur. 


Cold customers

Customer yang tidak tahu sama sekali tentang bisnis yang Anda jalankan. Tidak pernah menghubungi dan tidak tahu tentang produk / jasa yang Anda jual. Mungkin golongan ini tahu Anda memiliki bisnis tertentu di Internet namun mereka tidak kenal website, sosial media, dan media digital Anda. 

Strategi untuk pelanggan ini adalah Anda perlu melakukan pengenalan / prospek produk Anda melalui solusi yang Anda tawarkan. Media yang bisa digunakan adalah artikel melalui blog/website, konten solusi yang informatif di  sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Youtube.  



Warm customers

Orang-orang yang sudah pernah berinteraksi dengan bisnis Anda, misalkan masuk ke dalam website Anda, mengikuti sosial media Anda, akan tetapi mereka belum pernah melakukan transaksi dengan Anda. Golongan ini bisa jadi masih mempelajari tentang produk / jasa yang Anda tawarkan melalui internet. 

Golongan pelanggan ini dapat Anda dorong menjadi menginginkan produk Anda lebih lanjut. Strategi konten yang bisa diberikan adalah, misalkan memberikan diskon, produk sampel, quiz berhadiah, survey, dan lain-lain.



Hot customers

Adalah orang-orang yang pernah melakukan transaksi dengan Anda, atau bahkan telah melakuan transaksi berulang-ulang. Pelayanan terhadap hot customers ini perlu diperhatikan karena golongan ini bisa saja menjadi jembatan bagi golongan cold dan warm untuk ikut menjadi golongan hot, dengan cara merekomendasikan terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Strategi untuk pelanggan hot agar melakukan pembelian berulang dan menyebarkan berita tentang produk/jasa yang Anda tawarkan adalah menjadikan mereka bagian dari layanan Anda, misalkan menjadi member. 


Artikel diatas merupakan secuil isi dari buku : "Strategi Efektif Internet Marketing" yang baru saja terbit pada bulan Juli 2022 ini. Buku yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo ini dapat dibeli di toko buku Gramedia di seluruh Indonesia, atau pembelian online melalui gramedia.com !