Menikmati suasa desa dengan menunggangi kuda poni, bermain dengan kawanan kelinci atau domba menjadi impian Anak-Anak  perkotaan saat ini. Hal tersebut seringnya hanya mereka lihat di layar TV atau video streaming saja.  Semakin berkurangnya lahan-lahan pedesaan yang tergerus oleh pembangunan membuat Anak menjadi tidak dekat dengan alam sekitarnya. Mereka melampiaskan permainan mereka dengan pergi ke playground Mall atau bermain game melalui gawai itu sudah membuat mereka bahagia. Padahal bermain di alam dengan hewan-hewan lucu akan lebih menyenangkan bukan? 

Di Kota Semarang tepatnya di Kecamatan Mijen Semarang terdapat arena permainan anak yang mengusung konsep permainan alam yang mengusung tema koboy bernama JJ PARK and PLAY. Dimana terdapat berbagai macam arena dan mini zoo di dalamnya. 


Beragam Aktivitas Untuk Anak

Tempat ini memiliki fasilitas menunggang kuda poni serta mini zoo dimana anak-anak dapat bermain langsung dengan hewan seperti kelinci, domba, rusa, burung, dan hewan lainnya.  Selain bermain dengan hewan, anak-anak juga disuguhkan permainan air untuk berenang, permainan outdoor, lalu jika ingin duduk manis sambil lihat pemandangan bisa menaiki kereta kelinci atau kereta kuda (andong). Jika membawa anak usia sekolah dapat mencoba wahana wall climbing dan berkeliling dengan mobil ATV, kuda permainan ini tentunya dengan pengawasan dari petugas yang sudah terlatih. 

Karena bertema koboi, kuda menjadi wahana yang bisa dieksplor lebih. Ridding and Gromming menjadi andalan wahana di JJ Park. Selain menunggang, Anak-anak juga dapat berlatih menunggang kuda dengan biaya Rp150.000 sampai Rp200.000 per anak, dengan durasi 2 jam. Kuda yang disediakan juga ada dua jenis yaitu mini horse (pony) dan big horse. Big horse biasanya digunakan untuk paket wahana ayah dan anak, sedangkan mini horse untuk paket wahana anak yaitu adik dan kakak.

Tak hanya wahana untuk anak, tempat ini juga menyediakan resto berkonsep food court. Ada berbagai makanan, camilan, dan minuman yang dijual dengan harga yang murah. Resto berada di area pintu masuk JJ Park, dengan permukaan yang lebih tinggi daripada wahana dan memungkinkan orang tua dapat mudah mengawasi anak-anaknya yang sedang bermain. Selain itu setiap wahana dijaga oleh petugas dari JJ Park. 




Biaya dan Jam Operasional

Tiket Wahana dan tiket masuk ke JJ Park ini dibilang cukup murah atau tidak begitu mahal. Tiket masuk hari biasa Rp5.000 dan Rp15.000 untuk weekends. Harga tiket wahana bervariasi dari Rp10.000 hingga Rp100.000. Jam operasional tempat ini buka dari hari Selasa sampai Jumat pukul 09.30 sampai 18.00, Sabtu – Minggu pukul 09:00 – 18.00, dan hari Senin JJ Park libur. Khusus weekend biasanya ada live music di area food court.  Jika memerlukan informasi lebih terkait JJ Park juga bisa diakses melalui Instagram mereka di @jjparkandplay. 

Rute dan Akomodasi Penginapan

Tempat rekreasi keluarga yang baru dibuka kurang dari 2 tahun belakangan ini, terletak di  jalan Jl. Raya Jatikalangan, Cangkiran, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah. Suasananya masih asri dengan pemandangan perbukitan dan persawahan yang indah. JJ Park and Play lokasinya tidak jauh dengan pusat kota Semarang, hanya berjarak 30-45 menit perjalanan dari pusat kota (Simpang Lima). Kamu dapat mengakses lokasi dengan perjalanan mobil pribadi, Bus kecil, atau sepeda motor. Untuk angkutan umum juga cukup mudah, hanya perlu naik BUS Trans Semarang melalui lokasi pool dimana saja, lalu nanti berhenti di terminal cangkiran Mijen. JJ Park hanya berjarak kurang dari 1 kilometer dari terminal Bus Cangkiran.

Bagi warga kota lain yang ingin berwisata ke JJ Park dan lokasi wisata lainnya di Semarang, bisa memilih penginapan di pinggiran kota Seperti Ngalian, Mijen, dan BSB City. Khusus untuk penginapan di sekitar Mijen dan Ngalian bisa mengandalkan penginapan sejenis OYO atau RedDoors yang biaya menginapnya cukup murah antara Rp100.000 hingga Rp200.000. 

Artikel ini pertama kali ditayangkan di website Brisik.id dengan judul (Asyiknya Rekreasi di JJ Park & Play Semarang) tautan ini!