Internet telah menjadi magnet tersendiri pada era milenium ini. Tidak mengherankan apabila Internet telah menjadi sebuah daya tarik untuk mencari pendapatan, baik yang bersifat pasive income seperti bisnis Pay Per Click, dan Afiliasi. Serta pendapatan yang  dari  aktive income seperti berjualan Online.
Bagi pemula dan masyarakat awam, berjualan Online bukan sebuah hal yang baru dan susah. Buktinya, sudah bertebaran toko online  baik yang berupa web atau situs jejaring pada saat ini. Akan tetapi, kemudian  banyak juga yang menutup toko online tersebut karena beberapa hal , termasuk karena tidak memiliki daya saing dan tidak menghasilkan. Hal ini sangat beralasan, karena untuk berjualan Online ternyata diperlukan sebuah kiat-kiat khusus untuk meraih penghasilan. 

Riset dan tentukan identitas
Kiat kiat yang perlu diperhatikan bagi seorang yang ingin terjun ke dalam jualan Online ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan. Pertama, jika  ingin berjualan online, jangan langsung berjualan barang yang ingin dijual. Bisa jadi barang tersebut  merupakan barang umum yang ada dipasaran dan sudah tidak tren lagi. Diperlukan riset terlebih dahulu untuk menuju membangun usaha jualan online. Riset ada dua cara yaitu riset offline dan riset online. Riset offline dapat dilakukan dengan melihat segala sesuatu yang ada di dunia nyata. Riset online juga dapat dilakukan melalui mesin pencari, situs jejaring, dan beberapa tools untuk riset pasar seperti google tren (google.com/trends) . Tujuan riset ini adalah, untuk mencari celah pasar yaitu menjual barang/jasa yang banyak dicari oleh orang di Internet akan tetapi sedikit sekali penyedia/pedagang online yang menjual barang tersebut. Sehingga potensi untuk mendapatkan pasar potensial dapat terpenuhi. Setelah ditentukan barang yang dijual, jangan terburu-buru untuk berjualan online. Dibutuhkan  branding tentang apa yang ingin dijual. Hal ini sangat penting, karena dapat menjadi identitas  bagi penjual. Branding ini dapat berupa logo dan tagline. Logo dapat anda jadikan sebuah identitas tersendiri bagi jualan online yang telah dibagun, serta tagline dapat menjadi ciri khas perusahaan yang telah anda kembangkan berupa jualan online. 

Menggunakan Media Online
Setelah aspek identitas di dunia maya terpenuhi, maka diperlukan  media Online untuk memasarkan produk/jasa yang telah dipersiapkan. Untuk menjaring pembeli sebanyak-banyaknya, penjual dapat memanfaatkan media Online seperti Toko Online, Situs Jejaring, Portal pemasaran, dan email. Untuk toko online, dapat digunakan blog seperti blogspot.com , wordpress.org , Joomla, Open cart, dan beberapa cms lainnya. Sementara untuk menambah arus pintu masuk ke dalam toko online yang telah dibuat. Penjual haruslah membuat juga situs jejaring seperti Facebook dan Twitter. Serta mempromosikan pula lewat portal jualan seperti OLX.co.id (dulu Tokobagus.com). Dapat pula dibuat program reseller bagi website rekanan untuk menjual produk anda, tentunya website rekanan anda berikan komisi penjualan. Setelah menjaring pembeli melalui media online, jangan lupa untuk Bangun Kepercayaan calon pembeli dengan keramahan, memberikan kontak yang jelas,serta memberikan  service memuaskan. 
Dengan perencanaan yang matang, pastinya hasil dari jualan online akan memuaskan dengan demikian akan muncul pengusaha-pengusaha baru yang berbasis teknologi tanpa perlu sewa kios dan banyak pekerja, sehingga akan menghemat biaya untuk modal.